STAIN PAREPARE DEKLARASI 4 PILAR KEBANGSAAN

STAIN PAREPARE DEKLARASI 4 PILAR KEBANGSAAN

STAIN PAREPARE. Dalam rangka menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme terhadap mahasiswa STAIN Parepare, telah di adakan Deklarasi 4 Pilar kebangsaan yakni  Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Kegiatan ini diprakarsai oleh Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Mahasiswa (DEMA) STAIN Parepare. acara ini berlangsung di Auditorium , Ahad 21/5/2017.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua STAIN parepare, Dr. Ahmad Sultra Rustan, M.Si, disaksikan  oleh Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Agama RI, Dr. Muhammad Zain, MA.

Di hadapan ratusan Mahasiswa, Ketua DEMA, Muflih Muhtaram memimpin pembacaan  deklarasi dan diikuti oleh seluruh Mahasiswa STAIN Parepare. Adapun isi deklarasi yang dibacakan yaitu  mengajak civitas akademika untuk komitmen dan bertekad bulat menjadikan Empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhineka tunggal Ika dan NKRI sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara, menanamkan jiwa dan sikap kepahlawanan, cinta tanah air dan bela negara kepada setiap mahasiswa, dosen, seluruh staff/pegawai dan masyarakat untuk menjaga keutuhan dasn kelestarian NKRI, menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai ajaran Islam rahmatan Lil alamin, inklusif, moderat, toleran, menghargai kemajemukan dan realitas budaya dan bangsa, melarang berbagai bentuk kegiatan yang bertentangan dengan pancasila dan NKRI, intoleran, radikalisme, dan terorisme dalam lingkup STAIN Parepare, melaksanakan nilai-nilai pancasila dan Undang-undang dasar  Republik Indonesia 1945 dalam seluruh penyelenggara Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan penuh dedikasi dan cinta tanah air.

Setelah pembacaan Deklarasi, kemudian dilanjutkan dengan tandatangan bersama di atas kain sepanjang 7 meter yang dipimpin oleh Ketua STAIN Parepare, Dr. Ahmad Sultra Rustan, M.Si, disusul oleh Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Agama RI, Dr. Muhammad Zain, MA dan para Mahasiswa dan undangan lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *