Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017

STAIN PAREPARE-28 Oktober merupakan tanggal yang paling bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena pada tanggal tersebut 89 tahun silam telah terjadi peristiwa di mana para Pemuda dari berbagai daerah telah mengikrarkan diri dalam bentuk Sumpah, yang kita kenal dengan sebutan Sumpah Pemuda, yang berbunyi sebagai berikut:

“Kami Putera dan Puteri Indonesia mengaku Bertanah air satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan berbahasa satu bahasa Indonesia”. Peristiwa ini merupakan tonggak utama dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Melalui ikrar ini pemuda Indonesia menegaskan cita-citanya untuk mendirikan sebuah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare salah satu wadah para pemuda dan pemudi Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku dan bahasa yang ada dikota parepare. Senin, 30 Oktober 2017 bertempat dipekarangan gedung N STAIN Parepare dilaksanakan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda yang ke-89 diikuti oleh dosen, karyawan dan mahasiswa, dan sebagai pembina upacara Dr. Ahmad Sultra Rustan, M.Si selaku Ketua STAIN Parepare.

Dalam pidatonya Ahmad Sultra mengatakan “banyak sekali upaya-upaya orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin meronrong negara kita yang tidak senang melihat NKRI yang tidak senang dengan kesatauan kita pancasila UU 1945 dan Bihneka Tunggal Ika, mari kita menggelorakan semangat empat pilar dalam jiwa kita, mari kita memproteksi, mari kita menjaga dari upaya orang-orang yang tidak bertanggungjawab itu yang ingin meronrong negara kita, sebagai warga, sebagai bangsa, sebagai rakyat indonesia tentu kita punya tanggungjawab dalam rangka menjaga empat pilar ini. Ungkapnya.

 

Mengalahlah untuk menang.

Irsank Pacioli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *