Tilawah Al- Qur’an Camp 2017

Tilawah Al- Qur’an Camp 2017

STAIN Parepare— Berkonsepkan suasana camp, Pusat  Pengembangan Sumber Daya Insani yang Handal (PASIH) laksanakan tilawah Al-Qur’an Camp 2017. Kegiatan yang berlangsung  selama 3 hari ini dimulai tanggal 27 s/d 29 Oktober 2017  di kampus STAIN Parepare.

Sebanyak 120 peserta yang merupakan penghuni asrama STAIN Parepare ikut dalam kegiatan ini. Nurdalia selaku ketua panitia mengatakan sebelumnya dilaksanakan placement test untuk mengetahui di mana jenjang kemampuan setiap peserta.

Dari placement tes ini menghasilkan 3 kelompok  yaitu kelompok tilawah bil lahn, tilawah bil taddarus dan tilawah bil tajwid. “Orang yang memungkinkan suaranya bagus tajwidnya, lancar bacaannya masuk dalam kelompok tilawah bil lahn”, ungkapnya (01/11).

Setelah placement test dilakukan, terbentuk 6 kelas dari 120 peserta yang terdiri dari 1 kelas tilawah bil lahn, 3 kelas tilawah bil tadarrus dan 2 kelas tilawah bil tajwid.  Bentuk kegiatan suasana camp dikarenakan pembelajaran dimulai setelah sholat subuh. Ia juga menekankan bahwa tilawah al-Quran adalah membaca Al- Al-Qur’an .

Nantinya output (keluaran) dari asrama dapat undang dalam  setiap pembukaan  kegiatan-kegiatan kampus ataupun menjadi imam tarwih saat bulan ramadhan. “Tujuan utama kita, kalau ada acara besar anak asrama bisa dipakai mallagu. Kedua, kalau orang  luar mencari di STAIN imam tarwih, kita punya stok di asrama bagus tadarrusnya dan terakhir setidaknya yang pernah tinggal di asrama siap pakai mengajar mengaji dengan tajwid yang benar”, jelasnya.

Sementara Nurbudianti salah satu peserta mengaku bersyukur karena banyak hal yang didapatkan dalam kegiatan ini dan berharap kegiatan seperti ini tetap berlanjut, materi-materi dapat diaplikasikan dan diamalkan.

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *