Tim Debat Konstitusi Mahasiswa STAIN Parepare, Lolos Tahap Eliminasi

Tim Debat Konstitusi Mahasiswa STAIN Parepare, Lolos Tahap Eliminasi

STAIN Parepare— Kompetisi debat konstitusi mahasiswa antar perguruan tinggi se-Indonesia yang dilaksanakan oleh kepaniteraan dan sekretariat jenderal mahkamah konstitusi Republik Indonesia (RI) telah mengeluarkan pengumuman tentang hasil seleksi tahap eliminasi kompetisi debat (13/03).

Perguruan tinggi yang dinyatakan lolos tahap eliminasi dibagi dalam 3  kategori, diantaranya regional barat, tengah dan regional timur, di mana setiap regional terdapat 24 perguruan tinggi yang terpilih. STAIN Parepare yang masuk dalam wilayah  regional timur dinyatakan lolos pada tahap eliminasi dan berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Tim yang terdiri dari tiga mahasiswa program studi hukum tata negara jurusan Syariah dan Ekonomi Islam ini sebelumnya telah melakukan pendaftaran dan mengupload video simulasi debat konstitusi 2018 pada channel youtube sebagai salah satu syarat keikutsertaan kompetisi.

Lihat Video Simulasi tim debat STAIN Parepare 

Budiman, M. HI selaku ketua jurusan Syariah dan Ekonomi Islam mengungkapkan terpilihnya tiga orang mahasiswa untuk mewakili STAIN Parepare merupakan keluaran dari kegiatan Syariah Award yang rutin dilaksanakan setiap tahun. “Dalam kegiatan tersebut ada lomba debat, paling tidak juara 1, 2 dan 3, kita mencoba ramu supaya bisa menjadi tim. Sekarang, Alhamdulillah STAIN Parepare lolos dalam regional timur”, ungkapnya.

Lebih lanjut Budiman berharap agar memberi dukungan doa, semangat serta motivasi bahkan masukan agar tim debat perwakilan dari STAIN Parepare dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal. “Mudah-mudahan STAIN Parepare dapat melaju di tahap nasional,” harap Budiman.

Foto: Nurul Annisa (kiri), Wiwin (tengah), Riska Angriani (kanan)

Kompetisi debat konstitusi merupakan salah satu program dari mahkamah konstitusi yang dapat memfasilitasi dalam peningkatan kompetensi para mahasiswa. Wiwin yang merupakan ketua tim debat dari STAIN Parepare mengaku bersyukur atas kesempatan STAIN Parepare melaju dalam tahap selanjutnya. “Bisa mewakili STAIN di ajang yang berskala nasional. Apalagi debat mahkamah konstitusi ini, tempatnya mahasiswa /i hukum tata negara untuk berkompetisi dan unjuk gigi. Kedepan, kami akan lebih memperdalam ilmu yang terkait dengan mosi debat dan lebih mempersiapkan mental karena yang dihadapi nanti itu mahasiswa terbaik di kampusnya,” jelas Wiwin ketua tim.

Lihat  Pengumuman Tahap Eliminasi Debat 2018 (1)

Berawal dari Belajar, Berakhir dengan Amal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *