Kebijakan Penelitian

Sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam, STAIN Parepare secara berkelanjutan berupaya  untuk meningkatkan dan menggalakkan studi tentang Islam dalam segala dimensinya. Setiap tahun hal tersebut menunjukkan indikator positif dalam hal  peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian, demikian pula cakupan area penelitian.

Secara garis besar, beberapa isu-isu utama yang dapat dikembangkan dalam penelitian tahun 2015 adalah:
1.Isu dan topik penelitian di bidang community engagement, yakni isu riset yang dapat memperkuat posisi kelembagaan STAIN Parepare di bidang pengabdian masyarakat dengan berbagai varian pendekatan dan metodologi.
2. Isu dan topik di bidang pengembangan kelembagaan, keilmuan dan kapasitas STAIN Parepare sebagai  lembaga pendidikan menuju tahap metamorfosis menjadi Institut.
3. Isu dan topik di bidang riset nasional dan internasional, yakni riset kerja sama dengan beberapa mitra baik lembaga maupun personal di dunia internasioanl yang pada akhirnya akan menjadikan dosen dan lembaga berproses secara internasioanl dengan adanya temuan dan sinergi dengan pergumulan keilmuan di tingkat nasional dan internasional.

Hingga saat ini, tercatat ada tujuh jenis penelitian di STAIN Parepare,yaitu:
1. Penelitian  mahasiswa
2. Penelitian individual dosen dan pegawai
3. Penelitian kolektif dosen bersama mahasiswa
4. Penelitian unggulan untuk dosen bersama  mahasiswa pascasarjana
5. Penelitian unggulan utama dosen
6. Penelitian kolaboratif internasional
7. Penelitian kompetitif lembaga